
UJIAN KARYA ILMIAH: EVALUASI DAN PESTA AKADEMIS
Teong Toda, 20 Maret 2024-Pengerjaan Karya Ilmiah adalah suatu proses yang harus dilalui oleh siswa-siswi kelas XII SMAS St. Klaus Werang. Karya Ilmiah ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah (US). Pengerjaan Karya Ilmiah untuk siswa-siswi SMAS St. Klaus Werang dimulai dengan semangat dan antusiasme yang tinggi. Mereka memilih topik penelitian yang menarik bagi mereka dan mulai merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan. Mereka seperti para filsuf prasokratik yang berusaha menjadikan seluruh alam semesta sebagai obyek penelitian mereka. Ada rasa ingin tahu yang besar dalam diri mereka. Hal itu ditunjukan dengan adanya semangat untuk membaca literatur yang relevan, meneliti penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dan mengumpulkan informasi untuk mendukung argumen mereka.
Saat penelitian berlangsung, masing-masing siswa menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan, lapangan, mengumpulkan data dan mengamati fenomena yang mereka teliti. Mereka belajar untuk menggunakan metode penelitian yang tepat, menganalisis data dengan cermat, dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti yang valid.
Optimisme
Selama proses pengerjaan ini, mereka menghadapi gelombang tantangan dan hambatan yang variatif. Memang ada kesulitan dalam mengumpulkan data, memahami konsep yang kompleks, atau menemukan literatur yang tidak relevan. Namun, dengan ketekunan dan bantuan dari guru pembimbing, mereka terus maju dan mengatasi setiap rintangan yang mereka hadapi. Setelah menyelesaikan penelitian, saatnya bagi mereka untuk menulis, mengorganisir informasi dengan cermat, menyusun argumen yang jelas dan terstruktur, serta mengutip sumber-sumber dengan benar sesuai dengan aturan akademis yang berlaku.
Revisi
Saat draf pertama selesai, mereka meminta umpan balik dari guru pembimbing untuk melakukan revisi yang diperlukan, dan menghasilkan versi final yang hight class. Akhirnya, mereka siap untuk menyampaikan Karya Ilmiah mereka dalam bentuk presentasi di hadapan dewan penguji.
Ketika hari presentasi tiba, siswa berada dalam ruang antara gugup dan semangat. Namun, mereka percaya pada penelitian mereka dan yakin bahwa mereka telah melakukan yang terbaik. Dengan sikap percaya diri, mereka memaparkan hasil penelitian mereka dengan jelas dan meyakinkan.
Ujian Karya Ilmiah Remaja: Sebuah Evaluasi dan Pesta Akademis
Saat hari ujian Karya Ilmiah tiba, sekolah terasa penuh dengan semangat dan antusiasme. Ruang ujian yang biasanya tenang dan hening berubah menjadi tempat yang ramai dan penuh semangat. Siswa-siswi berkumpul di sekitar meja-meja, memeriksa satu sama lain, memberikan dukungan, dan berbagi harapan untuk hasil terbaik dalam ujian mereka.
Ketika waktunya tiba, setiap siswa dipanggil ke depan untuk menyampaikan karya ilmiah mereka. Meskipun ada rasa gugup, tetapi juga ada optimisme dan kebanggaan yang luar biasa dalam menyampaikan penelitian yang telah mereka kerjakan dengan tekun dan penuh dedikasi.
Dewan penguji menyimak dengan penuh perhatian, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan memberikan penghormatan yang pantas kepada setiap presentasi yang disampaikan. Mereka tahu bahwa Ujian Karya Ilmiah bukan hanya tentang evaluasi, tetapi juga tentang merayakan dan memperkuat semangat penelitian dan pembelajaran di antara siswa.
Menuju jalan Panjang
Seiring berjalannya ujian, suasana semakin meriah. Mahasiswa bersorak dan bertepuk tangan untuk teman-teman mereka yang telah menyelesaikan presentasi dengan baik, sementara dewan penguji memberikan pujian kepada para siswa atas kerja keras dan ketekunan mereka.
Ketika ujian berakhir, suasana pesta akademis tidak berhenti. Siswa berkumpul di luar ruang ujian, saling berbagi cerita dan tertawa bersama, merayakan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan tahap penting dalam perjalanan akademis mereka.
Ujian Karya Ilmiah mungkin telah berakhir, tetapi semangat pesta akademis terus hidup. Siswa dan dewan penguji meninggalkan ruang ujian dengan perasaan kebanggaan dan kepuasan, siap untuk melanjutkan perjalanan mereka menuju pengetahuan dan pembelajaran yang lebih dalam di masa depan.
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upaya Membangun Pendidikan Berbasis Kualitas
Teong Toda, 23 November 2024-Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) St. Klaus Werang mengadakan kegiatan penguatan kompetensi bagi para guru.
TENANG SAJA, PERPISAHAN TAK MENYEDIHKAN, YANG MENYEDIHKAN ADALAH, BILA HABIS ITU SALING LUPA.
"Tenang saja, perpisahan tak menyedihkan. Yang menyedihkan adalah, bila habis itu kita saling lupa." Namun, dengan cinta dan kenangan yang telah tertanam kuat, mereka tahu bahwa lupa ti
Rapat Penentuan Kelulusan Siswa Kelas XII SMAS St. Klaus Werang
Teong Toda, 06 Mei 2024-SMAS St. Klaus Werang menggelar rapat penentuan kelulusan kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Rapat dimulai pada pukul 08.00-10.00. Rapat ini bertempat di ruang
WARNA-WARNI KOMPETESI AKADEMIK
Teong Toda, 3-4 Mei 2024-Di rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, SMAS St. Klaus Werang menggelar serangkaian kompetisi yang menarik bagi siswa-siswinya. Adapun serangkaian kom
KOMUNITAS BELAJAR: PERTUKARAN IDE DAN MEMPERKUAT KOMITMEN
Toeng Toda, 29 Oktober 2023-Meningkatkan profesionalisme guru melalui komunitas belajar dapat menjadi strategi yang sangat efektif karena hal itu memungkinkan para guru untuk te
Luar biasa