• SMAS SANTU KLAUS WERANG
  • Cerdas Berkarakter Pancasila

RAPAT KOMITE: HADIR DAN MEMBERI MAKNA

Teong Toda, 01 September 2021-Lembaga pendidikan SMP dan SMAS St. Klaus Werang mengadakan rapat komite. Rapat komite merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat (orang tua, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli dengan pendidikan) sebagaimana diatur dengan permendikbud nomor 75 tahun 2016 dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Rapat komite SMP dan SMAS St. Klaus Werang ini dihadiri oleh orang tua peserta. Pertemuan ini akan berlangsung selama dua hari dan berlangsung di dua tempat yang berbeda yaitu di Werang dan di Longko, Kabupaten Manggarai. Pertemuan yang terjadi Werang dihadiri oleh orang tua murid yang berasal dari wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Sedangkan pertemuan di Longko yang akan terjadi pada hari sabtu tanggal 02 September 2023 dihadiri oleh orang tua murid yang berasal dari wilayah kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. Pertemuan dimulai pada pukul 09.00 sampai selesai.

Pertemuan bersama orang tua murid yang terjadi di Werang berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan. Moderator dalam pertemuan ini adalah bapak Videlis Sarong, S.Pd (guru SMAS St. Klaus Werang). Adapun pembicara utama dalam pertemuan ini adalah RD. Yohanes Fakunde Selman, S.Fil, M.Pd (Kepala Sekolah SMAS St. Klaus Werang), Bapak Antonius Banggur, S. Pd, dan RD. Rikardus Karno, S. Fil, M.Th (Ketua Pelaksana Unit Pendididkan St. Klaus Werang) serta  Pihak Yayasan Pendidikan Ernesto.

Pertemuan ini dimulai dengan pengatar oleh MC, doa pembuka yang dipimpin oleh fr. Yusta Erlendo Yusen, S. Fil. Selanjutnya ada persembahan tarian Kreasi Nusantara yang dibawakan oleh siswi-siswi SMP St. Klaus werang. Setelah pentas tari tersebut, acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh RD. Rikardus Karno, S.Fil, M.Th. Dalam sambutanya, RD. Rikar mengatakan bahwa “tanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak merupakan tanggung jawab bersama (Sekolah, Keluarga, Pemerintah dan Masyarakat)”. Lebih jauh dia mengatakan bahwa “pendidikan merupakan aset penting bagi anak-anak selain asset-aset lain”, tandasnya.

Tanggung jawab terhadap dunia pendidikan memang merupakan taggung-jawab bersama. Hal ini juga ditekankan oleh Bapak Antonius Banggur (Kepsek SMP), dia mengatakan bahwa “Tanggung jawab terhadap pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak. Semua mengambil bagian dalam merawat pendidikan. Kalau semua bekerja sama, mutu pendidika semakin meningkat” tegasnya.  Lebih jauh dia mengatakan bahwa “Kehadiran orang tua murid merupakan bukti cinta dan kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak”. Dengan itu, dia mengajak orang tua untuk serius menangani pendidikan. Tentu hal ini akan mengarah kepada mutu pendidikan.

Mutu pendidikan SMP dan SMAS St. Klaus Werang sangat baik dan terakreditasi A unggul. Dalam pemaparan tentang profil SMAS St. Klaus Werang, RD. Yohanes Fakunde Selman mengatakan bahwa “SMAS St. Klaus Werang  yang didirikan tahun 2002 sudah  terakreditasi A unggul dan sudah diperpanjang selama lima tahun ke depan. Dalam pemaparannya, RD. Ivan menjelasakan secara singkat, jelas dan padat tentang profil, Visi, Tata Tertib Guru dan peserta didik dan output SMAS St. Klaus Werang. Sebagai penutup pemaparannya, dia mengajak orang tua untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk pendidikan, agar visi sekolah yang unggul dalam hal iman, karakter dan ilmu bisa terwujud.

Setelah pemaparan dari beberapa pembicara, pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Tukar pikiran berlangsung baik dan lancar. Beberapa ide, gagasan, dan pertanyaan dimunculkan oleh orang tua murid sebagai bentuk atau wujud kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak. Ide dan gagasan yang muncul juga sebagai langkah perbaikan untuk beberapa hal yang menjadi kekurangan bersama. Orang tua murid benar-benar hadir dan memberi makna terhadap pendidikan di SMP dan SMAS St. Klaus Werang.

Bagaian terakhir dan pertemuan ini adalah pemaparan informasi dari Yayasan Ernesto tentang keuangan dan hal-hal lain menyangkut pendidikan di SMP dan SMAS St. Klaus Werang. Setelah pemaparan dari Yayasan, pertemuan orang tua murid berakhir dan selanjutnya acara makan siang bersama.  Acara makan siang diselingi dengan persembahan lagu dari sancla Band dan tarian kreasi dari siswi SMAS St. Klaus Werang (Ekstra seni tari). Selanjutya orang tua murid pamit pulang ke rumah masing-masing (oleh Icha).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Rapat Penentuan Kelulusan Siswa Kelas XII SMAS St. Klaus Werang

Teong Toda, 06 Mei 2024-SMAS St. Klaus Werang menggelar rapat penentuan kelulusan kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Rapat dimulai pada pukul 08.00-10.00. Rapat ini bertempat di ruang

06/05/2024 10:08 - Oleh Administrator - Dilihat 395 kali
WARNA-WARNI KOMPETESI AKADEMIK  

Teong Toda, 3-4 Mei 2024-Di rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, SMAS St. Klaus Werang menggelar serangkaian kompetisi yang menarik bagi siswa-siswinya. Adapun serangkaian kom

04/05/2024 23:13 - Oleh Administrator - Dilihat 58 kali
UJIAN KARYA ILMIAH:  EVALUASI DAN PESTA AKADEMIS

Teong Toda, 20 Maret 2024-Pengerjaan Karya Ilmiah adalah suatu proses yang harus dilalui oleh siswa-siswi kelas XII SMAS St. Klaus Werang. Karya Ilmiah ini sebagai salah satu syarat unt

20/03/2024 15:33 - Oleh Administrator - Dilihat 259 kali
KOMUNITAS BELAJAR: PERTUKARAN IDE DAN MEMPERKUAT KOMITMEN  

  Toeng Toda, 29 Oktober 2023-Meningkatkan profesionalisme guru melalui komunitas belajar dapat menjadi strategi yang sangat efektif karena hal itu memungkinkan para guru untuk te

29/01/2024 18:53 - Oleh Administrator - Dilihat 508 kali
LESSON STUDY

Teong Toda, 16 Januari 2024-Memulai tahun ajaran baru, SMAS St. Klaus Werang mengadakan kegiatan lesson study. Kegiatan ini dijalankan sebagai respon atas dua kegiatan besar sebelumnya

16/01/2024 14:05 - Oleh Administrator - Dilihat 167 kali