• SMAS SANTU KLAUS WERANG
  • Cerdas Berkarakter Pancasila

SMAS ST. KLAUS WERANG MENGADAKAN SIDANG ILMIAH BERTAJUK CERDAS BERMEDIA SOSIAL

SMAS ST. KLAUS WERANG MENGADAKAN SIDANG ILMIAH BERTAJUK CERDAS BERMEDIA SOSIAL

Werang, 04 Agustus 2023-SMAS St, Klaus Werang mengadakan kegiatan diskusi  atau sidang ilmiah  tentang cerdas bermedia sosial. Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pemahaman kritis sekalius awasan  bagi peserta didik tentang bagaimana beretika dalam bermedia sosial  di tengah masifnya pengguna media sosial dalam masyarakat masa kini. Pemanfaat media sosial yang tidak disertai dengan etika akan membawa manusia kepada kehancuran. Untuk itu, media sosial sebaiknya ditempatkan sebagi jalan menuju aktualisasi diri secara positif konstruktif.

Demikian benang merah dalam diksusi ilmiah bertajuk “Cerdas Bermedia Sosial” di Aula SMAS St. Klaus Werang, Manggarai Barat, Jumat (04/08/2023). Diskusi ilmiah ini merupakan programa kerja OSIS (Sie Akademik) tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini dumulai pada pukul 07.00 samapai pukul 09.30 dan diikuti oleh semua peserta didik. Adapun pemateri dalam diksusi ini adalah pengurus OSIS SMAS St. Klaus Werang yang juga sebagai pelopor gerakan cerdas bermedia sosial.

Kegiatan diskusi ilmiah ini berlangsung menarik. Semua peserta didik mengikutinya dengan penuh antusias. Bukti antusiasme dari peserta didik terletak dalam semangat mereka dengan bertanya untuk mencari dasar baru untuk menilai, merumuskan, memecahkan sisi gelap dari media sosial. Mereka mencari pemahaman yang semakin luas dan tepat tentang media sosial. Mereka mengerahkan semua pendapat mereka tentang bagaiamana seharusnya bermedia yang baik dan tepat. Febronia Angelica Pe’o (Icha), siswa Kelas XII MIA yang juga merupakan salah satu pemateri dalam diskusi ini mengatakan bahwa “kita sebagai peserta didik akan berhadapan dengan ancaman yang besar apabila tidak mampu memilah, memahami, mengelola, dan atau memanfaatkan informasi untuk keberlangsungan kehidupan”.

Seluruh rangkaian diskusi ini berorientasi pada satu tujuan yaitu agar peserta didik tidak terpapar dan tersesat oleh informasi tidak benar dan merusak. Diskusi ilmiah tentang cerdas bermedia sosial ini bertujuan untuk mendorong peserta didik agar secara bijaksana mecari, mendaptkan, memilah, memahami, mengolah dan memanfaatkan informasi sehingga bisa menjadi individu kritis, kreatif, adaptif dan inovatif. Informasi yang bergerak tanpa batas mesti dibendung dengan cermat dan kritis. (oleh: Alexa, Kelas: XII Bahasa)

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
TENANG SAJA, PERPISAHAN TAK MENYEDIHKAN, YANG MENYEDIHKAN ADALAH, BILA HABIS ITU SALING LUPA.

"Tenang saja, perpisahan tak menyedihkan. Yang menyedihkan adalah, bila habis itu kita saling lupa." Namun, dengan cinta dan kenangan yang telah tertanam kuat, mereka tahu bahwa lupa ti

14/06/2024 22:31 - Oleh Administrator - Dilihat 699 kali
Rapat Penentuan Kelulusan Siswa Kelas XII SMAS St. Klaus Werang

Teong Toda, 06 Mei 2024-SMAS St. Klaus Werang menggelar rapat penentuan kelulusan kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Rapat dimulai pada pukul 08.00-10.00. Rapat ini bertempat di ruang

06/05/2024 10:08 - Oleh Administrator - Dilihat 527 kali
WARNA-WARNI KOMPETESI AKADEMIK  

Teong Toda, 3-4 Mei 2024-Di rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, SMAS St. Klaus Werang menggelar serangkaian kompetisi yang menarik bagi siswa-siswinya. Adapun serangkaian kom

04/05/2024 23:13 - Oleh Administrator - Dilihat 122 kali
UJIAN KARYA ILMIAH:  EVALUASI DAN PESTA AKADEMIS

Teong Toda, 20 Maret 2024-Pengerjaan Karya Ilmiah adalah suatu proses yang harus dilalui oleh siswa-siswi kelas XII SMAS St. Klaus Werang. Karya Ilmiah ini sebagai salah satu syarat unt

20/03/2024 15:33 - Oleh Administrator - Dilihat 360 kali
KOMUNITAS BELAJAR: PERTUKARAN IDE DAN MEMPERKUAT KOMITMEN  

  Toeng Toda, 29 Oktober 2023-Meningkatkan profesionalisme guru melalui komunitas belajar dapat menjadi strategi yang sangat efektif karena hal itu memungkinkan para guru untuk te

29/01/2024 18:53 - Oleh Administrator - Dilihat 1721 kali